Rangkul Kaum Pemuda di Desa Dharma Camplong Berperan Aktif

  • Whatsapp
Karang Taruna (Katar) Tunas Muda melakukan berbagai kegiatan positif di Desa Dharma Camplong, Sampang. (Foto: Ist)

DESA BERGERAK | SAMPANG – Kiprah karang taruna (Katar) Tunas Muda di Desa Dharma Camplong, Sampang aktif melakukan berbagai kegiatan positif. Inovasi dan kreatifitas para pengurus dan anggota menjadi inspirator bagi pemuda desa lainnya.

Sejumlah kegiatan positif berupa, penghijauan, istighosah, bakti sosial (baksos) dan sejumlah perlombaan antar pemuda desa. Seperti, lomba pencak silat serta sejumlah kegiatan positif lainnya.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, kegiatan mereka selalu bersinergi dengan kegiatan pemerintah desa (pemdes). Sehingga, tidak sedikit penghargaan yang dihasilkan Desa Dharma Camplong melalui prestasi Karang Taruna.

Termasuk, penghargaan yang diterima Kepala Desa (Kades) Dharma Camplong sebagai Kades peduli Karang Taruna pada tahun 2020. Tidak ayal, Ktar Tunas Muda juga mengantarkan Desa Dharma Camplong menjadi juara 1 sebagai Kampung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kategori pedesaan di Sampang pada tahun 2018.

Tahun lalu, juga menyabet juara II karang taruna berprestasi se-Kab. Sampang tahun 2020 lalu. Salah satu perintis Katar Tunas Muda, Amiruddin mengungkapkan, adanya karang taruna semata-mata ingin mendukung kemajuan desa melalui pemuda.

Sehingga bisa bersinergi dengan pemerintah desa menjadikan Desa Dharma Camplong sebagai desa maju. Sehingga, karang taruna terus aktif dalam melakukan berbagai kegiatan positif. “Kami harus memberi contoh kepada pemuda desa lainnya. Terbukti, mereka semakin banyak bergabung dengan kami. Untuk bersama-sama membangun desa,” ujarnya.

Menurunya, kemajuan desa tidak cukup dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang banyak. Namun, kualitas SDM juga harus seimbang. Sehingga melalui karang taruna akan mengajak para pemuda berfikir inovatif, kreatif dan maju.

“Diraihnya penghargaan adalah bonus agar kami terus lebih baik. Sehingga generasi pemuda di Dharma Camplong tidak tertinggal, tapi sudah open minded,” tukasnya. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *